A. Unsur- unsur Komunikasi
Menurut
Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
1.
Pengirim atau komunikator (sender) adalah
pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
2.
Pesan (message) adalah isi atau maksud yang
akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
3.
Saluran (channel) adalah media dimana pesan
disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka)
saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
4.
Penerima atau komunikate (receiver) adalah
pihak yang menerima pesan dari pihak lain
5.
Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari
penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
B.
Contoh Proses Komunikasi Bisnis
Pesan bisnis merupakan satu pesan atau surat yang
digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan bisnis
baik secara tertulis maupun tidak tertulis dari pengirim kepada penerima, bisa
perseorangan maupun organisasi.
Didalam komunikasi bisnis sendiri adanya pesan bisnis
dianggap penting demi dapat mencapai tujuan bisnis maupun harapan yang ingin
dicapai. Tanpa adanya pesan bisnis maka informasi-informasi yang seharusnya
disampaikan tidak dapat tersampaikan.
Pesan bisnis sendiri dapat melalui dua macam-macam media
komunikasi, yaitu media komunikasi tertulis dan juga media komunikasi lisan.
Berikut ini ada beberapa contoh pesan bisnis dalam komunikasi bisnis yang akan
dibahas secara lengkap dan jelas.
1.
Surat Penawaran Kerja Sama
Contoh pesan bisnis dalam komunikasi bisnis
yang pertama adalah melalui surat. Surat yang dimaksud disini adalah surat yang
mengandung informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan bisnis, baik
penawaran kerjasama bisnis maupun penawaran produk yang dihasilkan.
Salah satu contoh yang paling mudah adalah
adanya surat penawaran kerjasama, dimana satu perusahaan menawarkan kerjasama
dalam suatu bidang tertentu kepada perusahan lainnya yang dianggap masih dalam
kegiataan bisnis yang sama.
Penawaran kerjasama ini juga biasanya akan
bertujuan untuk memajukan kegiatan bisnis perusahaan secara bersama-sama demi
laba yang semakin besar. Surat penawaran ini juga merupakan salah satu contoh
pesan persuasif dalam komunikasi bisnis.
2.
E-mail Penawaran Produk
Semakin adanya kemajuan teknologi juga lebih
memudahkan pesan-pesan bisnis untuk tersampaikan, salah satunya melalui e-mail
sebagai salah satu contoh media komunikasi modern. Salah satu contohnya adalah
e-mail bisnis mengenai penawaran produk.
Suatu perusahan melalui divisi marketingnya
akan banyak menawarkan produk-produk yang dihasilkannya melalui e-mail. Sebagai
contoh seperti banyak perusahaan-perusahaan e-commerce yang akan mengirimkan
notifikasi mengenai produk-produk barunya melalui e-mail pada para
pelanggannya.
3.
Laporan Perusahaan
Tidak hanya yang berkaitan dengan penawaran
kerjasama maupun penawaran produk saja, tetapi laporan-laporan perusahaan, memo
perusahaan, dan lain sebagainya yang masih didalam lingkup kegiatan bisnis yang
berjalan juga termasuk sebagai pesan bisnis.
Mengapa demikian? Karena didalamnya masih
mengandung informasi-informasi mengenai kegiatan bisnis yang berlangsung dalam
suatu perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu, laporan perusahaan juga
menjadi contoh pesan bisnis yang ada dalam komunikasi bisnis.
4.
Pertemuan atau Pidato
Pernahkah anda datang pada grand launching
produk komunikasi seperti handphone? Kegiataan ini banyak dilakukan oleh
perusahaan apple atau samsung yang ingin melunjurkan produk terbaru mereka.
Melalui pertemuan yang dilakukan tersebut, didalamnya juga sebenarnya terdapat
pesan bisnis yang disampaikan dimana juga bertujuan untuk mempengaruhi audience
untuk membeli produk terbaru mereka.
Pidato yang disampaikan mengenai kualifikasi
atau informasi-informasi mengenai produk-produk terbaru mereka yang akan
diluncurkan juga merupakan suatu pesan bisnis melalui media komunikasi lisan.
5.
Telemarketing
Tidak hanya melalui suatu pertemuan atau
pidato saja, media komunikasi lisan juga banyak digunakan untuk penyampaian
pesan bisnis seperti melalui telemarketing.
Jadi suatu perusahaan biasanya akan memiliki
divisi telemarekting sendiri yang bertujuan untuk menawarkan produk kepada
konsumen maupun mengajukan kerjasama dengan perusahaan lain yang dilakukan
melalui telfon.
Gambar 1.1 Konsep Komunikasi Interpersonal
Oleh Adi Irawan
Referensi
·
http://lindaratnasari.blogspot.com/2014/03/komponen-komunikasi.html?m=1
·
Wiryanto, DR., 2006.
Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Grasindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar