Rabu, 11 Oktober 2017

DESKRIPSI AYAM


Ayam adalah sejenis unggas berkaki dua yang banyak dipelihara oleh manusia karena dianggap banyak manfaatnya. Ayam yang sering dipelihara oleh manusia biasanya ayam peliharaan (gallus gallus domesticus). Ayam jenis tersebut merupakan keturunan langsung dari subspesies ayam hutan merah (gallus gallus). Ayam pun mempunyai  jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Ayam jantan pada umumya mempunyai ukuran tubuh lebih besar, berjengger lebih besar, ekornya panjang dan bisa berkokok. Ayam betina sebaliknya ukuran tubunya relative lebih kecil, berjengger kecil, dan ekornya pendek. Ayam termasuk hewan yang bersayap tetapi tidak bisa terbang. Hewan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan asalkan tersedianya cukup makanan. Ayam biasanya memakan biji – bijian, pur, nasi dan lain – lain.
Jenis – jenis ayam sangat banyak  tergantung fungsinya, yaitu ada ayam pedaging, ayam petelur, ayam hias dan ayam sabung.Ayam pedaging biasanya dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Ayam petelur juga sama dimanfaatkan telurnya untuk dikonsumsi. Ayam hias ialah ayam yang hanya dijadikan hiasan oleh pemiliknya, contonya ayam kate yang memiliki badan kecil, bulu yang halus cantik dan memiliki bentuk badan yang unik. Ayam sabung adalah ayam yang digunakan untukk bertaruh oleh pemiliknya.

 ayam petelur
 ayam pedaging
 ayam hias
 ayam sabung

Telur dan daging ayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Telur ayam yaitu memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral seperti vitamin A, ribovlafin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kalium, kalsium, fosfor dan sumber protein yang sangat tinggi. Selain itu kandungan yang terdapat dalam kuning telur itu sendiri yaitu mengandung vitamin A, D, dan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kulit. Sedangkan daging ayam menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K. 






Referensi

- ang-just, anggun., 2011., laporan hasil observasi terhadap spesies hewan ayam. http://aang-says.blogspot.co.id. Diakses pada tanggal 10 Okteber 2017.
- kandungan-gizi-telur-ayam-dan-- manfaatnya/
 -http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-daging-ayam-bagi-kesehatan-1174.html







3 komentar:

  1. Ayam yang dapat dimanfaatkan menjadi ayam petelur ataupun pedaging, namun hasilnya tidak semaksimal ayam tipe lain. Ketika dijadikan ayam petelur maka jumlah telur tidak akan sebanyak dengan kelas petelur, dan ketika dijadikan kelas pedaging konversi pakannya tidak semaksimal pedaging, sehingga bobotnya tidak sebesar pedaging namun cukup besar dari ayam petelur Modal ternak ayam petelur

    BalasHapus